FUNGSI TOOLS PADA APLIKASI BLENDER
· TAB key – Berfungsi untuk
mengubah antara “edit mode” dan “object select mode”.
· “O” key –Berfungsi untuk
mengaktifkan “proportional vertex editing” pada “edit mode”.
· “A” key – Berfungsi untuk
memilih semua vertices yang terdapat pada sebuah obyek.
· “B” key – Berfungsi untuk
memilih banyak obyek dengan menggunakan windows drag.
· Space bar – Berfungsi
untuk menampilkan menu tool.
· Number pad – Berfungsi
untuk mengontrol view. “7” untuk “top”, “1” untuk “front”, “3” untuk “side”,
“0” untuk “camera”, “5” untuk “perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yang
telah dipilih, “+” dan “-“ untuk memperbesar atau memperkecil.
· Mouse – Klik kiri
berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk memilih, Klik tengah atau
scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view.
· Shift key – Berfungsi
untuk memilih obyek lebih dari satu dengan cara menahan tombol Shift dan Klik
kanan.
· Arrow key – Berfungsi
untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi.
· “R” key – Berfungsi untuk
merotasi sebuah obyek atau vertices.
· “S” key – Berfungsi untuk
mengatur skala sebuah obyek atau vertices.
· “G” key – Berfungsi untuk
memindahkan sebuah obyek atau vertices.
· “P” key – Berfungsi untuk
memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam “edit mode”.
· Shift + “D” – Berfungsi
untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.
· “E” key – Berfungsi untuk
meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam “edit mode”.
· “U” key – Didalam “object
mode” berfungsi untuk menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit
mode” berfungsi sebagai “undo”.
· “M” key – Berfungsi untuk
memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit mode” berfungsi sebagai
“Mirror”.
· “Z” key – Berfungsi untuk
merubah view dari wireframe menjadi solid.
· Alt + “Z” – Berfungsi
untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
· “P” key – Berfungsi untuk
memulai mode game.
· ALT / CTRL + “P” –
Berfungsi untuk membuat atau menghapus hubungan Parent/Child.
· “N” key – Berfungsi untuk
menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk numeric.
· Ctrl + “J” – Berfungsi
untuk menggabungkan obyek.
· Alt + “A” – Berfungsi
untuk menjalankan animasi.
· “F” key – Berfungsi untuk
membuat sebuah sisi pada “edit mode”.
· “W” key – Ekspresi
Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih.
· “X” atau Delete –
Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
· Function keys – F1 = Load
File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp Buttons, F5 = Material Buttons, F6
= Texture Buttons, F7 = Animation Buttons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit
Buttons, F10 = Display Buttons, F11 = Last Render, F12 = Render.
· “I” key – Berfungsi untuk
memasukkan animasi.
· ALT + “U” – Berfungsi
untuk menampilkan “Global Undo Command”.
· ALT + “C” – Berfungsi
untuk mengkonversi menjadi meshes, text dan curves.
· Shift + Space – Berfungsi
untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yg aktif saja.
B. PENGERTIAN BLENDER
Blender merupakan suatu softwere gratis yang Berebasis
Opensource dan bisa digunakan untuk modeling, texuring, lighting, animasi dan
video post processing 3 dimensi. Blender juga merupakan opensource 3D yang
paling populer di dunia. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan
Animation, dengan mempunyai kelebihan sendiri
dibandingkan program modeling 3D lainnya.
Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat
membuat game tanpa menggunakan program. Untuk pembuatan
program Blender menggunakan bahasa pemrograman Python hal ini justru
memepermudah pengguna karena bahasa python lebih gampang daripada c++ atau c.
Berikut ini
tampilan Blender
Gambar diatas merupakan tampilan awal Blender terlihat cukup sederhana.
Disebelah
atas ada menu menu yang penting yaitu FILE,ADD,RENDER,WINDOW dan HELP.
Sedangkan untuk memberikan texture dan memberikan efek lainnya pada blender
bisa dilihat dari platform sebelah kanan.
Berikut ini
akan saya jelaskan beberapa tools yang digunakan untuk membuat objek 3D.
Ketika kita membuka Blender pertama kali maka akan muncul sebuah editor dimana editor
Untuk orang
yang baru menggunakan Blender pasti bingung objek apa itu dan apa kegunaannya.
Saya akan menjelaskan kegunaan dari ketiga objek tersebut
1. Camera
berfungsi untuk menapilkan objek dalam bentuk 3D atau memview gambar yang kita
buat. Inilah merupakan Camera Modelling pada Blender.
2. Cube
, sebenarnya ini salah satu contoh bangunan objek 3D yang sudah disediakan.
3. Point
Lamp digunakan untuk efek pencahayaan pada 3D object.
Untuk
melihat objek serta type objek yang lainnya kita bisa gunakan shortcut shift+A
atau klik Add pada menu maka akan muncul gambar berikut:
Kita bisa
liat diatas ada beberapa tipe objek yang sering digunakan untuk membuat objek
3D.
Mesh adalah objek terdiri dari Polygonal Faces (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices (simpul), semuanya dapat diedit dengan editing tools di Blender.
Curve / Kurva adalah Object Matematis yang dapat memanipulasi vertices dengan control handles atau control points.
Surfaces / permukaan patch empat sisi yang termanipulasi dengan control points. Ini berguna untuk bentuk yang organik dan melingkar tetapi sederhana.
Metaball
Metaball adalah object yang membentuk formasi
berdasarkan volume 3D.
Pasti temen – temen semua sudah tau dari
namanya. Text atau teks berfungsi menambahkan tulisan 2D
dan
masih ada beberapa lainnya yang akan membantu dalam mengerjakan objek 3D yang
kita buat.
C.
CONTOH OBJEK :
1. Pembuatan objek dan penglihatan camera
gambar diatas terlihat objek yaitu meja sederhana ketika mau membuat kta klik Add lalu pilih Mesh baru pilih silinder. gambar diatas juga memperlihatkan menu camera yang akan digunakan untuk membuat objek menjadi terkesan 3D
2. letak camera sebagai monitoring untuk merenderring objek
gambar diatas menunjukkan panah merah adalah gambar tools camera. Bisa bergerak dengan mengeklik tombol warna hijau,biru atau merah.
3. hasil menampilkan objek dengan mengklik F12
Fitur termasuk:
1) Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat
poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung
kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
2) Rigging: Skeleton kode ciptaan;
Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
3) Animasi: animasi editor non-linear;
Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers
animasi, pemutaran Audio; sistem kendala anima
4) Rendering: raytracer inbuilt;
oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel,
lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar
lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus;
Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
5) UV unwrapping: Laurent dan metode
Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff
proporsional mengedit peta UV
6) Shading: membaur dan shader
specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
7) Fisika dan Partikel: sistem Partikel
dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut Imaging dan Komposisi: multilayer
OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8
mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V
menyebar plits
9 Realtime 3D/Game Penciptaan: editor
grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron
Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga
statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk
kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting;
Audio
1 8) Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL
seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows
(98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi
lainnya .
9) Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng
memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
10) Lebih dari 200.000 download
(pengguna) dari seluruh dunia
Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah
D.
KELEBIHAN BLENDER
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
a) Open Source
Blender
merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi
source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar
GNU General Public License yang digunakan Blender.
b) Multi Platform
Karena
sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem
seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender
versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
c) Update
Dengan
status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga
update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya.
Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya.
Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di
graphicall.org
d) Free
Blender
merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku,
melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang,
selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi
dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia
bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu
membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
e) Lengkap
Blender
memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari
software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game
Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include
atau di bundling seperti Blender.
f) Ringan
Blender
relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan
sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor
Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan
baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly
akan sedikit lebih lambat.
Bukanya tools itu alat yg di samping ?
BalasHapusKeknya
HapusTerima kasih
BalasHapusCasino Site - Lucky Club Live Dealer
BalasHapusLucky Club's latest news, events, and special promotions, plus popular casino promotions & games from the best provider of LIVE casino slots & casino games! luckyclub Rating: 3.4 · Review by LuckyClub