Mengenai Saya

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Halo ? Welcome To My Blogger

Jumat, 16 September 2016

Perbedaan DSLR



Beda Kamera SLR Dan DSLR Yang Wajib Anda Tahu



Kamera SLR dan kamera DSLR mungkin adalah dua istilah yang familiar di telinga kita sehari hari. Namun sebenarnya apakah perbedaan ataupun persamaan dari kedua jenis kamera ini baik dari segi harga kamera SLR maupun DSLR atau dari segi spesifikasi kedua jenis kamera tersebut. Mungkin kita sering mendengar istilah kamera DSLR dari berbagai merek yang populer dipasaran seperti kamera nikon, canon, sony dan lain lainnya. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini.

Beda Kamera SLR dan DSLR serta Persamaannya

Kamera memiliki fungsi untuk mengabadikan gambar. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai jenis kamera seperti kamera saku, digital, lsr maupun DSLR. Harga kamera juga beragam mulai dari harga kamera SLR, DSLR maupun kamera digital biasa. Namun yang saat ini sering digunakan dan dapat menghasilkan jepretan foto yang maksimal adalah kamera DSLR ataupun SLR. Lalu apakah sebenarnya perbedaan kedua kamera tersebut ? Kamera SLR merupakan jenis kamera single lens reflextion. Kamera SLR merupakan kamera yang menggunakan jalur tunggal untuk melewatkan cahaya ke dua tempat pada foacal plane dan veiwfinder. Dengan teknik ini fotografer mampu melihat objek kamera persis seperti pada aslinya. Hal ini tentu berbeda dengan kamera non SLR. Pada kamera non SLR pandangan yang terlihat pada vewfinder bisa jadi berbeda dengan yang ditangkap oleh film karena menggunakan jajaran lensa ganda.
Kamera DSLR Canon Ixus 255 HS
Kamera DSLR Canon Ixus 255 HS
Perbedaan lain antar kamera SLR dan DSLR selain harga kamera SLR adalah bahwa kamera SLR mampu menggunakan pentaprisma yang ditempatkan pada jalur optical melewati sebuah lempengan film. Cahaya yang masuk kemudian dipantulkan pada kaca cermin dan mengenai pentaprisma. Pentaprisma ini kemudian memantulkan cahaya beberapa kali dengan mengenai jendela bidik. Saat anda melepaskan tombol, kaca akan membuka jalan cahaya sehingga cahaya langsung akan mengenai film. Pada kamera SLR media yang digunakan untuk menyimpanan ada 35 mm atau analog dan tidak memerlukan prosesor digitalisasi maupun kompresi data sehingga gambar bisa di lihat langsung hasilnya. Jika ingin memproses poto lebih lanjut dengan membawa gulungan film untuk di cetak.
Hal tersebut tentunya berbeda dengan kamera DSLR. Perbedaan kamera DSLR dari SLR terletak pada sistem kerjanya. Selain tentunya harga kamera SLR berbeda dengan yang kamera DSLR. Kamera DSLR merupakan kamera dengan digitals ingle lens reflex yang menggunakan mechanical mirror sistem dan pentaprisma yang mampu mengarahan cahaya langsung menuju optical viewfinder yang berada pada kamera. Dengan menggunakan gabungan antara teknologi digital dengan lensa tunggal, tentu kamera DSLR lebih mudah dan praktis dalam penggunaan.
Kamera DSLR atau digital single lens felex bekerja dengan mode sistem digital penuh sejak cahaya masuk di capture oleh objek poto yang di peroleh dari image sensor. Proses ini langsung bekerja atau di tulis pada memory card. Untuk kamera dlsr lebih banyak menggunakan tombol dibandingkan dengan kamera SLR. Selain itu pilihan iso, white and balance serta resolusi yang dimiliki oleh kamera DSLR juga lebih banyak dibandingkan dengan kamera SLR. Dan yang paling membedakan selain harga kamera SLR dan DSLR adalah adanya slot memory card yang lebih dari satu.
Selain itu kamera DSLR juga memiliki sistem yang lebih modern dibandingkan dengan menggunakan kamera SLR. Kamera dsrl yang menggunakan teknik sistem kerja kamera digital tentunya sudah tidak menggunakan cara analog atau tradisional dengan menggunakan gulungan film. Oleh karena itu harga kamera SLR dan DSLR bisa berbeda. Hasil jepretan pada kamera DSLR langsung bisa disimpan pada memori card yang bentuknya kecil namun bisa memuat banyak sekali poto. Kamera DSLR juga bis bekerja secara otomatis dengan menyimpan gambar pada memori card. Anda tidak perlu kahwatir jika jepretan anda tidak muncul di layar kamera. Apabila anda merasa gambar tersebut jelek, anda bisa menghapus dan kemudian menyimpan dan mengambil poto lagi sesuai dengan kemauan anda.
Akan tetapi untuk kamera DSLR anda membutuhkan perangkat lain untuk memproses poto yang telah anda jepret. Jika anda ingin mencetak poto maka anda harus menggunakan print, memori card tadi juga harus di masukan kedalam komputer atau laptop terlebih dahulu. Selain itu untuk menghasilkan hasil jepretan yang bagus anda juga harus memiliki beberapa sofware untuk edit poto seperti pothosop, picasa, adobe dan lain lainnya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika anda sudah menyambungkan memori card anda dengan perangkat tersebut barulah anda akan mendapatkan gambar hasil poto yang anda inginkan dan bisa di edit sesuai dengan kekurangan gambar yang ada. Mulai bacground, pencahayaan, dan lain lainya bisa anda ubah. Melihat hal ini tentunya menjadi wajar saja jika kemudian harga kamera SLR berbeda dengan kamera DSLR.
Harga kamera SLR yang berbeda dibandingkan dengan kamera DSLR tentu juga dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah masalah desain dan kepraktisan. Kamera SLR tentunya tidak sepraktis yang dimiliki oleh kamera dlsr. Kamera DSLR lebih praktis karena mampu menampilkan hasil jepretan langsung. Selain itu kualitas gambar yang di berikan oleh dua kamera juga bisa berbeda. Namun pengguna dari kedua kamera harus menyesuaikan dengan perangkat lunaknya untuk sesuai kebutuhan.
Setelah membahas tentang perbedaan antara kamera SLR dengan DSLR, mulai dari harga kamera SLR, spesifikasi dan kinerja lalu apakah persamaan antara kamera SLR dengan DSLR ? Pada dasarnya kedua kamera sama dalam hal kerja mengambil gambar karena sama sama menggunakan single lens atau lensa tunggal dalam membidik melalui viewinder dan menampilkan hasil bidikan dengan menggunakan image sensor baik pada DSLR ataupun SLR. Proses ini merupakan hasil kerja dari reflexy yang di peroleh dari kaca pantul yang ada di dalam camera.

Harga Kamera DSLR/SLR

Harga kamera DSLR/SLR sangat bervariasi, tergantung pada spesifikasi dan fitur produk. Dengan harga 3 jutaan Anda sudah dapat membeli kamera jenis ini dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar