Mengenai Saya

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Halo ? Welcome To My Blogger

Jumat, 16 September 2016

Fungsi Tools Blender



FUNGSI  TOOLS PADA APLIKASI BLENDER




FUNGSI - FUNGSI TOOLS PADA BLENDER
·         TAB key – Berfungsi untuk mengubah antara “edit mode” dan “object select mode”.
·         “O” key –Berfungsi untuk mengaktifkan “proportional vertex editing” pada “edit mode”.
·         “A” key – Berfungsi untuk memilih semua vertices yang terdapat pada sebuah obyek.
·         “B” key – Berfungsi untuk memilih banyak obyek dengan menggunakan windows drag.
·         Space bar – Berfungsi untuk menampilkan menu tool.
·         Number pad – Berfungsi untuk mengontrol view. “7” untuk “top”, “1” untuk “front”, “3” untuk “side”, “0” untuk “camera”, “5” untuk “perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih, “+” dan “-“ untuk memperbesar atau memperkecil.
·         Mouse – Klik kiri berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk memilih, Klik tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view.
·         Shift key – Berfungsi untuk memilih obyek lebih dari satu dengan cara menahan tombol Shift dan Klik kanan.
·         Arrow key – Berfungsi untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi.
·         “R” key – Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.
·         “S” key – Berfungsi untuk mengatur skala sebuah obyek atau vertices.
·         “G” key – Berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek atau vertices.
·         “P” key – Berfungsi untuk memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam “edit mode”.
·         Shift + “D” – Berfungsi untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.
·         “E” key – Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam “edit mode”.
·         “U” key – Didalam “object mode” berfungsi untuk menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.
·         “M” key – Berfungsi untuk memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit mode” berfungsi sebagai “Mirror”.
·         “Z” key – Berfungsi untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.
·         Alt + “Z” – Berfungsi untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
·         “P” key – Berfungsi untuk memulai mode game.
·         ALT / CTRL + “P” – Berfungsi untuk membuat atau menghapus hubungan Parent/Child.
·         “N” key – Berfungsi untuk menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk numeric.
·         Ctrl + “J” – Berfungsi untuk menggabungkan obyek.
·         Alt + “A” – Berfungsi untuk menjalankan animasi.
·         “F” key – Berfungsi untuk membuat sebuah sisi pada “edit mode”.
·         “W” key – Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih.
·         “X” atau Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
·         Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp Buttons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation Buttons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons, F11 = Last Render, F12 = Render.
·         “I” key – Berfungsi untuk memasukkan animasi.
·         ALT + “U” – Berfungsi untuk menampilkan “Global Undo Command”.
·         ALT + “C” – Berfungsi untuk mengkonversi menjadi meshes, text dan curves.
·         Shift + Space – Berfungsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yg aktif saja.

B.     PENGERTIAN BLENDER
Top of FormBlender merupakan suatu softwere gratis yang Berebasis Opensource dan bisa digunakan untuk modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi. Blender juga merupakan opensource 3D yang paling populer di dunia. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, dengan mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.  Kelebihan yang  dimiliki  Blender  adalah  dapat  membuat  game  tanpa  menggunakan  program. Untuk pembuatan program Blender menggunakan bahasa pemrograman Python hal ini justru memepermudah pengguna karena bahasa python lebih gampang daripada c++ atau c.
Berikut ini tampilan Blender





Gambar diatas merupakan tampilan awal Blender terlihat cukup sederhana.


Disebelah atas ada menu menu yang penting yaitu FILE,ADD,RENDER,WINDOW dan HELP. Sedangkan untuk memberikan texture dan memberikan efek lainnya pada blender bisa dilihat dari platform sebelah kanan.
Berikut ini akan saya jelaskan beberapa tools yang digunakan untuk membuat objek 3D.




Ketika kita membuka Blender pertama kali maka akan muncul sebuah editor dimana editor
  
Untuk orang yang baru menggunakan Blender pasti bingung objek apa itu dan apa kegunaannya. Saya akan menjelaskan kegunaan dari ketiga objek tersebut
1.   Camera  berfungsi untuk menapilkan objek dalam bentuk 3D atau memview gambar yang kita buat. Inilah merupakan Camera Modelling pada Blender.
2.   Cube , sebenarnya ini salah satu contoh bangunan objek 3D yang sudah disediakan.
3.   Point Lamp digunakan untuk efek pencahayaan pada 3D object.
Untuk melihat objek serta type objek yang lainnya kita bisa gunakan shortcut shift+A atau klik Add pada menu maka akan muncul gambar berikut:


 
Kita bisa liat diatas ada beberapa tipe objek yang sering digunakan untuk membuat objek 3D.

  Mesh


Mesh adalah objek terdiri dari  Polygonal Faces (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices (simpul), semuanya dapat diedit dengan editing tools di Blender.

 

Curve

Curve / Kurva adalah Object Matematis yang dapat memanipulasi vertices dengan control handles atau control points.


  Surface

Surfaces / permukaan patch empat sisi yang termanipulasi dengan control points. Ini berguna untuk bentuk yang organik dan melingkar tetapi sederhana.
 

    Metaball

Metaball adalah object yang membentuk formasi berdasarkan volume 3D.

   Text

Pasti temen – temen semua sudah tau dari namanya. Text atau teks berfungsi menambahkan tulisan 2D
 

 dan masih ada beberapa lainnya yang akan membantu dalam mengerjakan objek 3D yang kita buat.

C.    CONTOH OBJEK :

1. Pembuatan objek dan penglihatan camera





 

gambar diatas terlihat objek yaitu meja sederhana ketika mau membuat kta klik Add lalu pilih Mesh baru pilih silinder. gambar diatas juga memperlihatkan menu camera yang akan digunakan untuk membuat objek menjadi terkesan 3D


2. letak camera sebagai monitoring untuk merenderring objek





gambar diatas menunjukkan panah merah adalah gambar tools camera. Bisa bergerak dengan mengeklik tombol warna hijau,biru atau merah.

3. hasil menampilkan objek dengan mengklik F12





Fitur termasuk:

1)      Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
      2)   Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
            3)    Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala anima                   
           4) Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
  5)  UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
         6)  Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
   7)    Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut    Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
9     Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
1       8) Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
  9)  Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
        10)  Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah

D.    KELEBIHAN BLENDER

Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :

a)      Open Source
Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.
b)      Multi Platform
Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
c)      Update
Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
d)     Free
Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
e)      Lengkap
Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.
f)       Ringan
Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.
















4 komentar:

  1. Bukanya tools itu alat yg di samping ?

    BalasHapus
  2. Casino Site - Lucky Club Live Dealer
    Lucky Club's latest news, events, and special promotions, plus popular casino promotions & games from the best provider of LIVE casino slots & casino games! luckyclub Rating: 3.4 · ‎Review by LuckyClub

    BalasHapus